asiarcseldyastriliaadheanti

Analisis : 4 matahari di China

Posted on: April 13, 2011

 

Analisis :

Fenomena alam memang menakjubkan untuk dibahas, walau hal tersebut sudah terbilang lama. Fenomena alam kali ini adalah fenomena munculnya empat ‘matahari’ secara bersamaan.

Hal ini membuat warga di Kota Laiyang, Provinsi Shandong, China merekam peristiwa alam ini dengan begitu heboh. Fenomena tersebut terjadi sekitar belasan menit, dari pukul 16.00 hingga 16.50 waktu setempat pada 27 Maret 2009.Munculnya empat mataharis secara bersamaan kini sedang ramai dibahas di beberapa forum internet dan jejaring sosial, sebab munculnya fenomena aneh tersebut dikait-kaitkan dengan pertanda hari akhir zaman atau yang lebih dikenal hari kiamat.

Namun secara imlu pasti hal tersebut bisa di definisikan sebagai peristiwa parhelion atau yang lebih dikenal sebagai Sundog. Sundog adalah fenomena atmosferik yang menghasilkan titik terang cahaya di langit.

Fenomena ini terjadi karena adanya pembiasan cahaya. Sundogs dibentuk oleh pelat-kristal es berbentuk heksagonal di awan cirrus tinggi yang dingin dan melayang dimana udara pada tingkat yang rendah saat itu.

Kristal ini bertindak sebagai prisma, membelokkan sinar cahaya melewati mereka dengan sekitar sudut 22 derajat.

Apabila kristal-kristal berorientasi secara acak, sebuah cincin lengkap mengelilingi matahari akan terlihat fenomena halo.

Namun seringkali kristal-kristal tenggelam di dalam udara menjadi vertikal selaras sehingga sinar matahari dibiaskan horizontal.

Fenomena alam munculnya empat matahari kembar di China. Padahal sebelumnya muncul Video fenomena matahari kembar sekarang dikagetkan dengan kemunculan 4 matahari kembar sungguh menakjubkan fenomema ini. Namun pihak LAPAN ( Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) menanggapi Fenomena Munculnya 4 Matahari di China itu adalah hal biasa katanya.

 

Dalam video itu, matahari sedang bersinar dengan teriknya dan terlihat sebuah garis terang melingkar menembus matahari di kedua sisinya. Tepat di garis melingkar itu terdapat “matahari tambahan” sebanyak empat buah.

Fenomena di atas memang luar biasa dan tentu saja langka. Namun, fenomena ini sebenarnya adalah fenomena atmosferik yang telah dikenal dengan baik di dunia sains. Nama fenomena itu adalah Sun Dog yang terlihat bersamaan dengan Parhelic Circle.
Fenomena Sun Dog (Sundog) yang kadang juga disebut dengan Parhelion adalah sebuah fenomena ketika kita bisa melihat adanya kumpulan cahaya tambahan di kedua sisi matahari. Kadang, kumpulan cahaya ini bisa terlihat seperti bola yang membuat kita berpikir kalau cahaya ini adalah matahari tambahan.
matahari
Fenomena ini hanya terjadi pada kondisi atmosferik yang sangat langka. Jadi, jika kalian bisa melihatnya, anggaplah diri kalian sebagai orang yang sangat beruntung.

Sun Dog terjadi ketika cahaya matahari bersinar menembus kumpulan lempeng es kristal hexagonal yang tersusun secara horizontal di langit yang mengakibatkan cahaya itu dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat.

 

Referensi : http://magazineforum.blogspot.com, http://chempornet.com

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calendar

April 2011
M T W T F S S
« Mar   May »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: